Sabtu, 14 Mei 2011

what is domain ?

Domain ? …

Apa sih sebernya domain itu , sebernarnya domain amat penting apabila anda ingin membuat website.
Domain itu merupakan sebuah nama yang unik yaa tepatnya adalah alamat anda di duniamaya yang sering diakhit i dengan .com , .net , . org , .biz , .tv dfan masih banyak lagi .
Yaa semisal saja http://www.diyaharom.com/ . jadi apabila seseorang ingin melihat file-file anda ya tinggal tulis aja alamat website anda . sudaah agak mengertikan tentang apa itu domain 9walau cumaa dikitt ) hahaha
Memilih domain ..
Kalo anda memang niat membuat suatu website , lebih baik gunakan saja alamat yang unik , yang menarik dan tidak terlalu oanjang . sehingga memudahkan orang jika ungin mengunjungi website anda . dan yang pastinya mudah diingat juga yaa kawan .
Dan sebuah domain itu tidak lepas daei sebuah hosting . laa apa itu hosting ?
Hosting … suatu tempat untuk menyimpan dokumen HTML anda ,, jadi domain tanpa hosting gak lengkap . jadi jika anda ingin membuat domain langsung saja anda menyewa hosting . biasa diperusahaan penjual sudsah menyediakan keduanya .
Dalam memilih hosting ada beberapa hal yang harus diperhatikan kawan ;
Yuk lihat !
1. Kapasitas: Anda perlu memperhatikan berapa kapasitas yang dibutuhkan, apakah 25MB, 50MB atau 1GB. Anda harus memilih dengan cermat sesuai kebutuhan karena tentu saja semakin besar kapasitas biayanya semakin mahal.
2. Teknologi yang digunakan: Apakah servernya Linux atau Windows, dan jika anda membuat file PHP apakah hostingnya mendukung file PHP? Demikian juga apabila anda membuat web menggunakan ASP, JSP, Perl, Python, dan Ruby apakah hostingnya mendukung?
3. Suppot: Periksa apakah perusahaan hosting yang ingin anda beli memiliki layanan support yang baik selama 24jam, jadi apabila tengah malam tiba-tiba anda mendapat masalah dengan website anda maka anda dapat menanyakan langsung kepada perusahaan hosting anda.
4. Database: Apabila anda membuat website dinamis, pastikan anda memeriksa apakah mereka menyediakan database. Periksa juga berapa jumlah database yang disediakan dan apa saja apakah MySQL, PostgreSQL, Access dll.
5.
6. Backup: Apakah hosting anda membackup data anda setiap hari. Ini penting karena ada banyak hosting kurang ajar yang tidak melakukan back up dan apabila data anda tiba-tiba hilang mereka tidak mau tahu (saya pernah mengalaminya).
7. Bandwith: Anda harus memeriksa kapasitas bandwith yang disediakan. Bandwith merupakan besarnya data transfer dalam sebulan. Kira-kira begini maksudnya. Apabila sebuah perusahaan hosting menyediakan bandwith 1GB sebulan. Maka apabila anda memiliki sebuah file HTML dengan ukuran 20kb (sudah termasuk images) dan pengunjung website anda perhari sekitar 100 orang, maka anda menghabiskan bandwith perhari: 20kb x 100orang = 2000kb =2MB. Perbulan: 2MB x 31 = 62MB, apabila anda memiliki 10 halaman maka: 62MB x 10 = 620MB. Jadi perhatikan bandwith yang disediakan dengan ukuran file HTML anda, apabila pengunjung website anda semakin banyak tentu saja bandwithnya juga akan semakin besar. Kebanyakan hosting Indonesia menyediakan bandwith yang kecil, hosting luar negeri menyediakan bandwith yang lebih besar dan murah.

Perusahaan perusahaan yang menjual hosting .
Missal saja
1. masterwebnet
2. idwebhost
3. singcat
ada juga  contoh-contoh domain itu

.
• .ac.id
 biasanya ini untuk pendidikan tinggi minimal penyelenggara setara Diploma ,SK Depdiknas Pendirian Lembaga,Akta Notaris Pendirian atau SK Rektor (Pimpinan Lembaga),Surat Kuasa Pimpinan Lembaga mengenai pendaftaran nama domain .
• .co.id
ini untuk perusahaan-perusahaan swasta ,yang memiliki badanhukum .
• .go.id
untuk area pemerintahan biasanya
• .mil.id
untuk instalasi militer
• .net.id
ini untuk suatu kepemilikan merk merk .
• .or.id
biasanya untuk yayasan
• .sch.id
untuk kependidikan , sekolah sekolah.
• .web.id
dan ini untuk pribadi atau perorangan kawan .
sudaah itu sedikit perngertian tentan domain semoga dapat bermanfaat . makasiiii yaa

0 komentar:

Poskan Komentar