Minggu, 08 Mei 2011

penyetaraan bilangan oksidasi

MENYETARAKAN PERSAMAAN REAKSI REDOKS

MENYETARAKAN PERSAMAAN REAKSI REDOKS

Seperti halnya perubahan kimia yang lain, reaksi oksidasi dan reduksi juga ditunjukkan oleh persamaan kimia. Karena itu persamaan redoks juga harus disetarakan. Apakah anda dapat menyetarakan reaksi pada perkaratan besi tersebut? Dengan cepat anda tentu dapat menyelesaikannya.
Sekarang kita perhatikan reaksi redoks berikut:

C + HNO3 → CO2 + NO2 + H2O,

apakah anda dapat menyetarakan reaksi tersebut? Jika anda menyetarakan reaksi redoks dengan cara coba-coba, maka anda akan sering mengalami kesulitan. Untuk mempermudah menyetarakan reaksi redoks, dapat menggunakan cara bilangan oksidasi dan cara setengah reaksi. Masing- masing cara tersebut memuat langkah-langkah yang dapat menuntun anda dalam menyetarakan reaksi redoks. Dengan cara ini anda harus ingat bahwa persamaan reaksi kimia dapat ditambah, dikurangi, dan dikalikan.

CARA BILANGAN OKSIDASI

Untuk menyetarakan reaksi redoks dengan cara bilangan oksidasi, anda harus dapat menentukan bilangan oksidasi unsur yang ada dalam suatu senyawa. Jika anda sudah memahami cara menentukan bilangan oksidasi, anda dapat menyetarakan reaksi redoks dengan mudah. Langkah-langkah dalam menyetarakan persamaan reaksi redoks dengan cara bilangan oksidasi adalah:
Langkah 1 : Setarakan jumlah unsur, selain O dan H, yang mengalami perubahan bilangan oksidasi dengan memberi koefisien.

Langkah 2 : Tentukan reaksi oksidasi dan reaksi reduksi dengan cara menuliskan perubahan bilangan oksidasi.

Langkah 3 : Samakan jumlah elektron yang diterima dan yang dilepas dengan cara mengalikan dengan angka tertentu.

Langkah 4 : Setarakan jumlah oksigen dengan menambah H2O.

Langkah 5 : Setarakan jumlah Hidrogen dengan menambahkan H+ .

Agar lebih jelas, perhatikan contoh berikut untuk menyetarakan reaksi:
MnO4- + Cl- → Mn2+ + Cl2

Langkah 1

MnO4- + 2Cl- → Mn2+ + Cl2

Di ruas kanan tedapat 2 atom Cl, sehingga Cl- di ruas kiri diberi koefisien 2

Langkah 2

MnO4- + 2Cl- → Mn2+ + Cl2

+7 2x(-1) +2 0

Perubahan bilangan oksidasi Mn dari +7 menjadi +2 =5

Perubahan bilangan oksidasi Cl dari 2x(-1) menjadi 0 = 2

Langkah 3

2MnO4- + 10Cl- → 2Mn2+ + 5Cl2

Jumlah elektron yang diterima Mn=5 dan elektron yang dilepas Cl=2. Agar jumlah elektron yang diterima sama dengan elektron yang dilepas, maka Mn dikalikan 2 dan Cl dikalikan 5.

Langkah 4

2MnO4- + 10Cl- + 16H+ → 2Mn2+ + 5Cl2 +8H2O

Di ruas kiri terdapat 8 atom oksigen dari 2MnO4, tambahkan 8H2O di ruas kanan. Akibat penambahan H 2O, di ruas kanan terdapat 16 atom hidrogen dari 8H2O, tambahkan 16H+ di ruas kiri.
Sekarang coba anda hitung jumlah tiap-tiap atom yang terdapat di ruas kiri dan ruas kanan, apakah sudah setara?. Kemudian hitung juga muatan di ruas kiri dan kanan, apakah sama? Jika jumlah atom dan muatan di ruas kiri dan kanan maka reaksi redoks tersebut sudah setara.

0 komentar:

Poskan Komentar