Rabu, 18 Mei 2011

Saat Memasak Saatnya Berolahraga

Vera Farah Bararah - detikHealth
<p>Your browser does not support iframes.</p>


img
(Foto:thinkstock)
Jakarta, Kegiatan memasak sudah diketahui bisa membantu membakar kalori. Bagaimana trik-trik olahraga yang bisa dilakukan sambil memasak? Untuk kegiatan masak sambil olahraga di dapur ada beberapa latihan dasar dalam berolahraga.

Saat memasak biasanya seseorang akan mengangkat beban seperti panci atau wajan dan banyak berdiri serta bergerak di sekitar dapur. Meski begitu ada bentuk latihan lain yang bisa dilakukan sambil memasak, seperti dikutip dari Lifemojo, Selasa (17/5/2011) yaitu:

1. Jauhkan bumbu dan peralatan dari jangkauan
Jauhkan barang-barang yang sering dibutuhkan dari jangkauan tangan dan mata sehingga seseorang membutuhkan gerakan seperti berjinjit atau berjongkok untuk menggapainya. Berjongkok akan memberikan latihan yang baik untuk kaki bagian otot atas (quadriceps dan hamstring) dan bokong, sedangkan berjinjit akan memberi latihan yang baik untuk betis.

2. Mengaduk makanan dengan tangan
Mengaduk makanan atau menguleni adonan dengan menggunakan tangan akan membakar kalori lebih banyak dibanding dengan menggunakan alat. Hal ini akan memberikan latihan pada lengan dan otot bahu.

3. Hindari penggunaan mixer
Bila memungkinkan gunakan kocokan dan bukan mixer listrik, misalnya saat mengocok telur gunakan alat yang dibantu dengan tangan sehingga memberikan latihan yang baik untuk otot-otot lengan.

4. Gunakan pisau manual untuk memotong
Memotong atau merajang sayuran dan bahan makanan lainnya akan memberikan latihan yang baik untuk tangan dan pergelangan tangan. Selain itu menggunakan peralatan berat seperti panci sup atau wajan akan menambah porsi latihan untuk otot tangan, asalkan bebannya tidak terlalu berlebihan yang bisa membuat otot sakit.

5. Gunakan waktu menunggu masakan dengan melakukan latihan ringan
Sementara menunggu masakan mendidih atau oven berbunyi sebaiknya jangan hanya berdiri saja, tapi lakukan latihan ringan seperti memutar kepala atau leher, memutar lengan searah jarum jam dan kebalikannya, melakukan push up dengan memposisikan diri menjauhi meja dan meletakkan kedua telapak tangan di meja.

Dorong badan ke depan dengan bertumpu pada kedua telapak tangan lalu tarik kembali ke belakang, ulangi latihan ini hingga beberapa kali. Tapi ingatlah untuk selalu menjaga lantai dapur tetap kering agar tidak terpeleset.

0 komentar:

Poskan Komentar