Rabu, 18 Mei 2011

Trik Jatuh Cinta dengan Olahraga

Merry Wahyuningsih - detikHealth
<p>Your browser does not support iframes.</p>


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Banyak sekali alasan orang tidak mau melakukan olahraga, seperti sibuk, tidak ada waktu, malas, jauh dan sebagainya. Lantas bagaimana caranya membuat Anda agar mencintai olahraga?

Tubuh manusia didesain untuk selalu bergerak sehingga sangat dianjurkan untuk rajin olahraga. Namun berbagai alasan sering menjadikan olahraga sebagai kegiatan yang tidak penting untuk dilakukan.

Berikut beberapa cara agar orang mulai mencintai olahraga, seperti dilansir Healthmad, Selasa (3/5/2011):

1. Mengajak teman
Tidak sedikit orang yang malas ke gym atau olahraga lainnya karena merasa sendirian dan tak ada teman. Carilah teman yang dapat memotivasi Anda untuk rajin berolahraga. Sebuah studi di Oxford University menunjukkan bahwa latihan bersama dengan teman-teman akan menjadi dua kali lebih berhasil daripada latihan sendiri.

2. Olahraga pada siang hari
Sebuah studi di University of Bristol menjelaskan bahwa olahraga menjelang jam makan siang atau pada saat jam makan siang akan membuat seseorang lebih produktif dan melepaskan stres.

Pada akhir pekan (tidak bekerja), Anda dapat mencoba cara ini untuk menghindari godaan makan siang yang lezat. Jika Anda sudah latihan saat makan siang, maka Anda akan dapat menahan diri dari mencicipi makanan.

3. Tetap realistis
Sekali lagi, tidak ada cara instan. Jangan mengeluh dalam seminggu jika belum melihat hasil yang nyata pada tubuh Anda, karena hal itu akan membuat Anda malas dan tidak melanjutkan latihan olahraga.

Ingat tubuh Anda juga perlu men-setup kebiasaan baru, tetap realistis dalam olahraga atau kegiatan kebugaran Anda. "Pastikan Anda memiliki tujuan cerdas, spesifik dan terukur, seperti menurunkan berat badan setiap minggu," kata Luke Barnsley, pelatih olahraga.

4. Jangan berlebihan
Meskipun latihan adalah hal yang baik, terlalu banyak juga tidak baik, terutama jika Anda malas untuk berolahraga. Lakukan perlahan-lahan dan tidak perlu berlebihan di semua olahraga. Yang paling penting dari olahraga tidak seberapa keras Anda berlatih, tapi bagaimana Anda melakukannya secara teratur. Jika tidak teratur, lebih baik tidak latihan sama sekali.

5. Beri hadiah pada diri
Jangan ragu untuk memberikan hadiah kepada diri sendiri agar Anda tidak bosan dengan menu olahraga dan makanan yang harus sehat. Ketika tubuh telah mencapai lingkar pinggang dan berat badan ideal, Anda bisa hadiahi diri Anda sendiri dengan sepotong pizza atau sebagian kecil steak dengan saus barbeque. Makan sekali dalam dua minggu tidak akan berdampak pada tubuh Anda, asal tidak terlalu banyak.

0 komentar:

Poskan Komentar